Top 10 Bahasa Baru

Posted on 24/06/2011. Filed under: Tahukah Anda |

Menemukan sebuah bahasa dari awal mungkin tampak seperti cara yang aneh untuk menghabiskan waktu Anda, tetapi ada alasan baik untuk melakukannya. Orang menciptakan bahasa untuk tujuan ilmiah, seni dan budaya: untuk menguji teori tentang bagaimana otakbekerja, untuk membantu orang berkomunikasi, untuk ‘meningkatkan’ bahasa yang sudah ada, atau karena mereka hanya membutuhkan bahasa baru untuk buku yang mereka tulis. Berikut adalah beberapa contoh terbaik dari bahasa diciptakan:

10. Solresol

Solresol

Dikembangkan oleh Francois Sudre pada paruh pertama abad kesembilan belas, Solresol adalah contoh dari sebuah bahasa tambahan internasional: bahasa, direncanakan sengaja disederhanakan diciptakan untuk membuat komunikasi di seluruh dunia lebih mudah. Solresol adalah bahasa pertama yang mendapatkan pengakuan apapun, tapi apa benar-benar membuat unik adalah dasar musiknya: mengandung total hanya tujuh suku kata, terdiri dari nama-nama dari skala musik (do re mi fa la si jadi).

Pengaturan ini berarti bahwa kata-kata dapat ditulis dalam notasi musik, dan bahwa bahasa bisa dikomunikasikan dengan bernyanyi. Suku kata bisa diungkapkan dalam tujuh warna dan mudah ‘dibaca’ oleh buta huruf. Sayangnya, Solresol tidak pernah benar-benar pergi, meskipun beberapa penggemar setia tetap hari ini.

9. Quenya

Quenya

Quenya adalah salah satu dari setidaknya dua puluh bahasa ditemukan digunakan oleh JRR Tolkien dalam Tuhannya of the Rings trilogi. Lidah Peri seremonial, itu yang paling rumit dari semua bahasa Tolkien. Bahkan, Middle Earth diciptakan untuk sebaliknya Quenya dan tidak: Tolkien mulai menulis cerita-ceritanya dalam rangka untuk menyediakan bahasa dengan latar belakang sejarah yang kaya.

Menurut Tolkien, Quenya adalah usahanya untuk membuat bahasa yang paling indah dibayangkan, dan suara dan tata bahasa sebagian besar diambil dari bahasa bumi nyata bahwa dia pikir adalah yang paling indah: Finlandia, Latin dan Yunani.

8. Toki Pona

Toki Pona

Menurut hipotesis Sapir-Whorf, pikiran seseorang dan persepsi bisa dibentuk oleh bahasa ia berbicara. Para Toki Pona bahasa adalah usaha, berdasarkan teori ini, untuk menyederhanakan hidup dengan menggunakan bahasa yang sangat disederhanakan. Toki Pona hanya memiliki 123 kata-kata, yang dapat dikombinasikan untuk membuat lebih ‘kompleks’ kata-kata. Jadi, ‘bahagia’ di Toki Pona adalah ‘merasa baik’, alkohol adalah ‘gila air’ dan geologi adalah ‘bumi pengetahuan’. Meskipun mudah untuk belajar, bahasa memiliki beberapa kesulitan yang jelas mengekspresikan nuansa makna.

7. Lingua Ignota

Lingua Ignota

Lingua Ignota adalah pertama yang diketahui manusia membuat bahasa, diciptakan oleh kepala biara Hildegard dari Bingen Jerman di abad ke 12. Nama itu berarti ‘lidah tidak diketahui’, dan itu mungkin digunakan sebagai bahasa rahasia oleh Hildegard dan biarawati rekan-rekan, meskipun tujuan pastinya masih belum jelas. Hildegard adalah seorang komposer dicapai, dan kata-kata dari bahasa yang sering digunakan dalam komposisi musiknya. Dia meninggalkan sebuah daftar hanya sekitar 1000 kata, yang sebagian besar adalah istilah agama atau medis.

6. Laadan

Laadan

Seorang profesor linguistik, Dr Suzette Haden, diciptakan Laadan sebagai satu uji hipotesis Sapir-Whorf: dalam kasus ini, untuk menguji gagasan bahwa bahasa manusia tidak memadai untuk ekspresi wanita. Laadan dirancang untuk memungkinkan orang untuk mengekspresikan hal-hal dalam kata-kata yang dalam bahasa Inggris hanya dapat disampaikan oleh bahasa tubuh atau nada. Jadi, misalnya, kalimat mungkin mengandung kata-kata khusus yang menunjukkan bahwa kalimat penuh dimaksudkan untuk menjadi peringatan.

Laadan juga mengandung banyak cara untuk menggambarkan emosi: ada nama terpisah untuk sebuah emosi yang berarti ‘kebahagiaan untuk alasan yang baik’ dan salah satu yang berarti ‘kebahagiaan tanpa alasan’, dan satu kata untuk mengungkapkan rasa ‘Aku marah karena suatu alasan tapi tidak ada yang bisa dilakukan tentang itu. ”

5. Newspeak

Newspeak

Newspeak diciptakan oleh George Orwell tahun 1984 novelnya. Totaliter buku sedang dalam proses penggantian bahasa Inggris dengan Newspeak, berniat untuk akhirnya menghapus bahasa Inggris sama sekali. Newspeak tujuan adalah untuk ‘mempersempit kisaran pemikiran’: misalnya, tidak berisi kata gratis atau kebebasan, sehingga ide kebebasan menjadi harfiah terpikirkan. Daripada menciptakan kata-kata baru, pemerintah bertujuan untuk menghancurkan mereka. Beberapa kata dari Newspeak seperti doublethink dan ungood telah dijemput ke dalam bahasa Inggris, di mana mereka biasanya digunakan untuk membuat titik tentang sesuatu yang dianggap totaliter secara alami.

4. Enochian

Enochian

Bahasa ini muncul pada abad ke-16 dalam serangkaian buku yang ditulis oleh peramal John Dee dan pelihat Edward Kelley. Menurut Dee, itu adalah bahasa yang digunakan oleh Allah untuk menciptakan dunia, yang secara bertahap ‘devolusi’ dari waktu ke waktu untuk menjadi Bibel Ibrani dari Perjanjian Lama. Beruntung bagi mereka, bahasa ini diajarkan untuk Dee dan Kelley oleh para malaikat. Enochian juga datang dengan alfabet, yang Dee dan Kelley digunakan untuk menulis buku mereka merinci praktek-praktek magis.

Skeptis modern telah sejak menunjukkan bahwa Enochian telah jauh lebih banyak kesamaan tata bahasa dengan bahasa Inggris daripada bentuk bahasa Ibrani. Namun, bahasa menjadi populer lagi di abad ke-20, dan itu masih digunakan oleh beberapa okultis hari ini.

3. E-Perdana

E-Prime

Bahasa lain dibangun untuk membuat titik filosofis, E-Perdana hanyalah versi bahasa Inggris yang melarang segala bentuk dari kata kerja ‘menjadi’ (adalah, adalah, adalah, dll). Menurut Alfred Korzybski, yang dipromosikan bahasa pada tahun 1933 bukunya Ilmu dan Sanity, E-Perdana dapat digunakan untuk mempertajam pemikiran kritis dan membuat ide-ide lebih jelas. Misalnya, dalam E-prime seseorang tidak bisa mengatakan ‘Ini adalah sebuah film mengerikan’: harus diulang sebagai ‘saya tidak suka film ini. ” “Kau salah ‘juga tidak mungkin: dia malah harus mengatakan’ Saya tidak setuju dengan Anda.” Karena itu, lebih mudah bagi penutur dan pendengar membedakan fakta dari opini.

Di sisi lain, berikut E-Perdana surat itu menjadi memberatkan: ‘Ini adalah bunga ‘harus menjadi sesuatu seperti’ berbahasa Inggris menyebutnya bunga. ” Hari ini, E-Perdana tetap populer, namun kebanyakan hanya sebagai latihan berpikir menarik untuk meningkatkan kejelasan.

2. Esperanto

Esperanto

Esperanto adalah bahasa yang paling sukses tambahan internasional untuk saat ini, dengan sampai dua juta pembicara di seluruh dunia. Ini diciptakan pada akhir abad ke-19 oleh seorang dokter Polandia, Ludovik Zamenhof, yang ingin mengakhiri konflik antaretnis dengan menyediakan semua orang dengan lidah umum. Tujuan Zamenhof adalah bahasa yang sederhana untuk belajar dan politik netral.

Esperanto mendapatkan popularitas setelah Perang Dunia I , tapi itu ditekan di Polandia selama Perang Dunia II, dan banyak asosiasi yang mempromosikan hal itu, termasuk Liga Bangsa-Bangsa, tidak bertahan perang. Hari ini, hal terdekat yang kita miliki dengan ‘bahasa internasional’ diimpikan oleh Zamenhof adalah, sangat non-sederhana non-netral Inggris.

1. Klingon

Klingon

Esperanto mungkin memiliki lebih banyak pembicara, namun Klingon mungkin merupakan bahasa yang paling terkenal dibangun jika mereka semua. Bahasa dari sebuah ras alien prajurit fiksi dalam film Star Trek dan acara TV, Klingon sebagian besar diciptakan oleh ahli bahasa yang sengaja ditambahkan aturan-aturan yang kompleks dan suara yang langka dalam bahasa manusia. Kesulitan lain mungkin bagi siapa pun yang ingin berkomunikasi dalam Klingon adalah bahwa, sebagai bahasa berbasis ruang, itu kurang banyak kata-kata Bumi yang normal. Sebagai contoh, ada beberapa kata berbeda untuk ‘bertempur’, tetapi tidak ada kata ‘halo’: ‘Apa yang Anda inginkan’ setara Klingon terdekat adalah

Meskipun tantangan ini, sejumlah kecil speaker berdedikasi di seluruh dunia dapat berkomunikasi lancar dalam Klingon, dan ada bahkan telah beberapa terjemahan Klingon Shakespeare memainkan.

Charlotte Coville

  • Free Palestine !!



    FREE PALESTINE | CONDEMN ISRAELI OCCUPATION

  • Informasi Tentang Anda

    IP
  • Total Pengunjung

    free counters
  • WebRank

    Alexa Certified Traffic Ranking for kissanak.wordpress.com
  • Blog Stats

    • 620,625 hits
  • Visit http://www.ipligence.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: