Salah Mustafa Muhammad Shehade

Posted on 04/06/2011. Filed under: Sejarah, Tokoh |

Salah Mustafa Muhammad Shehade (atau Shehadeh), lahir di Gaza pada 24 Februari 1953 – d. 22 Juli 2002 adalah seorang anggota gerakan Islam Palestina Hamas . Dia memimpin Izz ad-Din al-Qassam Brigade sayap militer Hamas, sampai dia target pembunuhan  oleh Israel .

Seorang anggota Hamas sejak pembentukan kelompok pada tahun 1987, ia dengan cepat menjadi salah satu pemimpin berpengaruh dan ditangkap beberapa kali oleh Israel atau Otoritas Palestina . Setelah kematian Yahya Ayash, pada tahun 1996, Shahade menjadi pemimpin puncak dalam kelompok, bersama dengan Muhammad Deif dan Adnan al-Ghoul .

Selama Intifada Al-Aqsa , Israel menuduhnya mendalangi beberapa serangan terhadap kedua tentara Israel dan warga sipil di Jalur Gaza dan di Israel yang tepat. Ia diberi hukuman penjara dua belas tahun tetapi dibebaskan 14 Mei 2000. Ia juga melaporkan bahwa Shahade terlibat dalam produksi roket Qassam , ditembakkan terhadap sasaran sipil Israel, dan senjata rakitan lain, serta dalam penyelundupan peralatan militer di Jalur Gaza.  Ia memimpin Izz ad-Din al-Qassam Brigade sayap militer Hamas selama periode yang melihat kampanye serangan bunuh diri terhadap sasaran sipil Israel yang menyebabkan kematian ratusan warga sipil Israel. Sebagai pemimpin dari sayap militer Hamas ia mengawasi komandan lapangan Hamas di Gaza dan Tepi Barat dan mendefinisikan kebijakan serangan teror oleh Hamas.

Membunuh

Pada tanggal 22 Juli 2002, Angkatan Pertahanan Israel ditargetkan mengebom bangunan di mana Shahade bersembunyi menggunakan satu ton bom yang dijatuhkan oleh pesawat F-16 dalam lingkungan yang padat penduduk Kota Gaza . Lima belas orang tewas, termasuk Shahade, istri dan 9 anak-anak. Lima puluh orang lain membutuhkan perhatian medis akibat serangan itu.

Serangan itu menerima kecaman luas dari negara-negara lain Timur Tengah, Eropa Barat, dan Amerika Serikat. Ariel Sharon awalnya dipuji sebagai “salah satu keberhasilan terbesar kami,” tapi kemudian mengatakan kepada Yediot Ahronot, “jika aku tahu akibatnya, aku akan tunda pembunuhan itu “

Advertisements
  • Free Palestine !!



    FREE PALESTINE | CONDEMN ISRAELI OCCUPATION

  • Informasi Tentang Anda

    IP
  • Total Pengunjung

    free counters
  • WebRank

    Alexa Certified Traffic Ranking for kissanak.wordpress.com
  • Blog Stats

    • 660,793 hits
  • Visit http://www.ipligence.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: