Benteng-benteng Warisan Kerajaan Islam

Posted on 14/05/2011. Filed under: Kisah Islami, Sejarah, Tahukah Anda |

Peradaban Islam di era kejayaan dikenal memiliki teknologi militer yang sangat tangguh. Salah satu peninggalan militer Muslim di masa kekhalifahan adalah benteng-benteng pertahanan. Kemegahan benteng-benteng peninggalan peradaban Islam di abad pertengahan itu ada yang masih berdiri kokoh serta ada pula yang telah musnah.

Hikayat Berdirinya Benteng di Tanah Arab.

Sebelum datangnya Islam, peradaban Arab tak mengenal tradisi pembangunan benteng pertahanan. Menurut Ahmad Y al-Hassan dan Donald R Hill dalam bukunya bertajuk Islamic Technology: An Illustrated History, mengungkapkan, kota yang memiliki tembok-tembok penting pra-Islam hanyalah Thaif dan Hijaz.

Seiring berkembangnya agama Islam di Semenajung Arab, benteng pertahanan mulai dibangun di mana-mana. Hal ini terjadi karena adanya perkembangan militer di dunia Islam pada masa-masa penaklukan oleh para Kalifah. Selain itu, pada masa kekalifahan, banyaknya perang di berbagai wilayah mendorong terjadinya pertukaran gagasan antara dunia Islam dengan dunia Barat seperti Byzantium dalam strategi militer.

Pembangunan benteng2 ini sesuai dengan Firman ALLAH S.W.T dalam Alquran Surat Hasyr ayat 14, yang artinya “Mereka tidak akan memerangi kamu dalam keadaan bersatu padu, kecuali dalam kampung-kampung yang berbenteng atau di balik tembok. Permusuhan antara sesama mereka adalah sangat hebat. Kamu kira mereka itu bersatu, sedang hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka adalah kaum yang tidak mengerti.”

Pada masa itu pula, sebagian besar kota-kota di negara Islam memiliki benteng yang di luarnya memiliki parit. Parit tersebut memiliki fungsi sebagai pertahanan guna mencegah musuh menggali fondasi benteng untuk merontokkan benteng. Di kota-kota Islam yang lebih besar, benteng tidak hanya satu saja, namun terdiri dari beberapa lapis seperti di kota Hisn, Quhandiz, dan Qal’a.

Berikut ini beberapa benteng peninggalan militer Muslim di zaman keemasan :

* Benteng Salahudin (The Citadel of Saladin).

Dibangun oleh panglima perang Muslim terkemuka bernama Salahudin Al-Ayubi dari Dinasti Ayubiyah pada 1170 M. Benteng Salahudin dibangun di atas bukit Muqatam yang terletak di antara kota Kairo dan Fustat, Mesir.

* Benteng Ajyad.

Benteng Ajyad merupakan benteng yang dibangun penguasa Turki Usmani di kota Mekkah pada 1775 M. Benteng tersebut dibangun untuk melindungi Ka’bah dan kota Mekkah dari serangan para pendatang.

* Benteng al-Ukhaider.

Benteng ini dibangun oleh salah seorang pemimpin dari Dinasti Abbasiyah yang pernah berkuasa di Irak yakni Isa ibn Musa pada 774 hingga 775 M. Di dalam benteng tersebut juga dibangun masjid dan tempat tinggal semacam aparteman. Arsitektur dari benteng tersebut sangat indah dan sangat menggambarkan arsitektur Islam.

* Benteng Alamut.

Benteng Alamut dibangun pada 840 M di atas Gunung Alborz pada ketinggian 2.100 meter dari permukaan laut yang terletak di selatan Laut Kaspia dekat Provinsi Qazyin. Benteng tersebut terletak 100 km dari kota Teheran, Iran..

* Allepo Benteng.

Dibangun di Suuriah yang dibangun pada abad ke-13. Benteng abad pertengahan yang besar istana, yang dianggap salah satu benteng tertua dan terbesar di dunia. Terletak di Suriah, di jantung kota historis Allepo.

Historie meluas sampai 3 milenium SM. Sejak itu di sana telah menggantikan berbagai peradaban termasuk Yunani, Bizantium, Ayyubiyah dan Mamluk. Sebagian besar pekerjaan konstruksi dan bangunan yang Anda lihat tanggal hari ini dari periode dominasi Ayyubiyah. Benteng Allepo memiliki basis elips dengan panjang 450 m dan lebar 325 meter Dikelilingi oleh penghalang, yang adalah 22 m panjang dan lebar 30 meter. Poin yang paling berharga di dalam benteng adalah gerbang dibentengi dengan jembatan batu besar, Ayyubiyah istana dengan interior yang indah, hammam, masjid, dan bagian bawah tanah, memanjang sampai kedalaman 125 m. Kota bersejarah Aleppo adalah Benteng Allepo terdaftar sejak tahun 1986 di Situs Warisan Dunia UNESCO.

Peninggalan-peninggalan ini semuanya adalah Kuasa Sang Pencipta, walau ada beberapa benteng yang sudah di serang dengan senjata canggihpun, namun sampai sekarang masih tetap berdiri, dan ada juga yang runtuh karena bencana gempa.

Sama halnya dengan “benteng” yang dimiliki setiap manusia yaitu “iman” yang dapat membentengi serangan dari luar …

(Sumber : Benteng-Benteng Pada Masa Khalifah).

  • Free Palestine !!



    FREE PALESTINE | CONDEMN ISRAELI OCCUPATION

  • Informasi Tentang Anda

    IP
  • Total Pengunjung

    free counters
  • WebRank

    Alexa Certified Traffic Ranking for kissanak.wordpress.com
  • Blog Stats

    • 618,835 hits
  • Visit http://www.ipligence.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: